Selasa, 23 Desember 2014

Cara Pencegahan Demam Berdarah

Artikel kali ini akan membahan bagaimana Cara Pencegahan Demam Berdarah agar kita bisa terhidar dari penyakit demam berdarah yang mengerikan. Apa saja yang harus dilakuakan untuk mencegah penyakit demam berdarah atau yang biasa disebut dengan DBD ini. Untuk itu berikut kami rincikan cara pencegahan penyakit demam berdarah.
demam berdarah

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Yang Dapat Dilakukan

Tindakan yang paling efektif untuk menekan epidemi demam berdarah yaitu dengan mengontrol keadaan dan sebisa mungkin menghindari vektor nyamuk pembawa virus ini. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

1. Pencegahan Dari Lingkungan Sekitar

Pencegahan tanda gejala demam berdarah dapat dimulai dari lingkungan sekitar. Seperti menguras bak manda atau penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali, menutup dengan rapat tempat pemanpungan air, mengubur kaleng-kaleng bekas, aki bekas dan ban bekas di sekitar rumah dan perbaikan desain rumah.

2. Pencegahan Dalam Bidang Biologis.

Pencegahan munculnya tanda gejala demam berdarah secara biologis anda dapat menggunakan ikan yang berfungsi sebagai pemakan jentik nyamuk.

3. Pencegahan Menggunakan Bahan Kimia

Pencegahan dengan kimiawi dapat dilakukan dengan melakukan pengasapan yang berguna untuk mengusir dan membunuh nyamuk dewasa dan pemberian bubuk abate pada tempat penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.  Selain dengan abate juga dapat menggunakan larvasida.

Karena nyamuk penyebab penyakit deman berdarah dengue aktif di siang hari tindakan pencegahan dapat dilakukan dnegan menggunakan senyawa anti nyamuk yang mengandung deet, pikaridin atau minyak lemon eucalyptus serta gunakan pakaian tertutup untuk dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk bila sedang beraktivitas di luar rumah.
 
Nah demikianlah cara pencegahan penyakit demam berdarah yang bisa Anda coba sendiri, agar Anda terhidar dari penyakit demam berdarah. Terimakasih dan semoga bisa membantu.
 
Baca Juga Artikel Mengenai Obat Demam Berdarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar